Pages

Wednesday 3 June 2015

Kegiatan Kedua (Tema: Latihan Menari dan Mengenal Kacang Kacangan) - Senin, 18 May 2015

            Senin, 18 May 2015 merupakan hari yang cerah. Anak – anak mengadakan upacara bendera, karena upacara bendera adalah rutinitas yang hamper dilakukan oleh setiap sekolah pada hari senin. Penghormatan pada bendera sebagai suatu kewajiban setiap warga negaranya, terutama para pelajar yang sedang mengalami pembentukan karakter bangsa. Melalui upacara, karakter yang kami harapkan dapat terbentuk. Salah satunya adalah karakter nasionalisme sebagai perwujudan rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air. Dan dengan adanya upacara bendera, dapat membantu anak – anak TK Cinta Bunda untuk belajar membaca naskah.



            Setelah selesai upacara yaitu pukul 09.00, anak – anak, guru, dan kami pun mulai beristirahat sebelum melakukan aktivitas lagi. Sebelum makan anak anak pun dibiasakan untuk doa terlebih dahulu. Masing – masing anak membawa makan dari rumah. Para guru pun turut menyiapkan makanan berupa biscuit – biscuit, roti, dan lain lain, karena beberapa anak TK Cinta Bunda kadang – kadang tidak membawa makanan. Setelah selesai makan anak – anak pun diajarkan untuk merapihkan tempat.

Anak - anak membuat lingkaran untuk mulai berdoa

Saat anak - anak sedang beristirahat

            Setelah beristirahat aktivitas diberikan ke kita sebagai pengajar/pembimbing pengganti, dan kami pun mengajari anak – anak dengan 2 hal. Yang pertama adalah latihan menari daerah, kita mengajari anak – anak latihan menari sekaligus untuk acara perpisahan mereka yang akan diselenggarakan pada 10 Jun 2015. Anak – anak pun terlihat sangat bersemangat dan senang sekali. Dan yang kedua yaitu mengenal kacang – kacangan. Kacang – kacangan itu berupa kacang merah, kacang hijau, ketumbar, kemiri, dan kayu manis. Banyak anak – anak yang seringkali keliru dengan kacang – kacangan tersebut, sehingga kami pun mengingatkan mereka berulang kali.


Saat anak - anak belajar menari daerah


Kami memberi tahu tentang berbagai macam kacang - kacangan

            Berjalannya waktu jam 11.00, anak – anak TK Cinta Bunda pun membereskan barang – barang mereka dan bergegas untuk pulang. Mereka pin bersalim kepada kami dan guru TK Cinta Bunda. Banyak hal yang kami dapatkan dari kegiatan ini.

No comments:

Post a Comment