Pages

Wednesday 3 June 2015

Kegiatan Keempat (Tema : Mewarnai dan Mengenal Benda - Benda Langit) - Senin, 25 May 2015

Senin, 25 Mei 2015, merupakan hari keempat kami bersama anak-anak TK Cinta Bunda. Seperti biasanya pada hari senin, anak – anak TK Cinta Bunda melakukan upacara benderan dan mengenakan pakaian polisi. Para guru pun memilih siapa yang akan menjadi Pembina upacara. Setelah pembacaan naskah, anak – anak TK Cinta Bunda pun mulai pengibaran bendera. Dan kami beserta guru – guru pun langsung menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dengan hormat.



Setelah Upacara selesai, anak – anak pun seperti biasa berbaris untuk mencuci tangan dan makan. Tidak ada yang boleh masuk sebelum barisan dibuat rapih. Satu per satu anak maju untuk memperlihatkan kesepuluh jari, dan guru tersebut akan memeriksanya. Setiap kuku yang tumbuh melewati batas ruas jari harus dipotong. Setelah semua berkumpul di dalam kami membuat lingkaran dan mulai berdoa untuk makan.

Murid berbaris dengan rapih, dan guru memeriksa jari - jari mereka


Sewaktu mereka memulai untuk berdoa dan makan


Selesainya waktu istirahat, kami sebagai pembimbing pengganti membagi 2 kelas yaitu TK-A dan TK-B. Di kelas TK-A kami mengajari anak – anak mengenal benda – benda langit dengan menulisnya di papan tulis, dan kemudian mereka harus menulis dan menggambarkan apa yang kami ajari di buku mereka masing masing. Jika semuanya sudah selesai maka buku akan segera dikumpulkan dan di cek oleh guru TK Cinta Bunda.


Sedangkan di TK-B, kami mengajari anak – anak dengan mewarnai. Karena merwanai dapat membantu anak untuk mengenal warna, bagaimana cara menggenggam pensil dengan benar, dan membuat anak – anak untuk mengenal garis batas bidang. Berhubung mereka masih terlalu kecil, kami membiarkan mereka untuk mewarnai sesuka mereka yang tidak terlalu peduli dengan garis. Dengan bertambahnya umur, dia akan berusaha untuk mewarnai gambar dihadapannya tanpa keluar garis.




Setelah kegiatan tersebut selesai, masih ada sedikit waktu sebelum jam 11.00. Kami pun membiarkan anak - anak untuk bermain. Dan aja juga anak – anak yang ingin belajar menghitung, mereka sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan hari ini.

Terlihat anak - anak begitu senang saat bermain

Beberapa anak - anak ada yang belajar menghitung

No comments:

Post a Comment